Sabtu, 18 Desember 2010

Apel Dapat Mencegah Asma dan Alergi


Apel yang dimakan oleh wanita selama hamil tenyata membantu mencegah asma dan alergi pada anak. Kandungan flavonoid dalam apel yang memberikan manfaat tersebut.

Sebuah studi baru meneliti makanan hampir 2000 wanita hamil dan memeriksa kesehatan paru-paru 1253 anak mereka pada usia 5 tahun. 

Diantara variasi makanan yang dimakan dan dicatat oleh wanita hamil, hanya konsumsi apel yang menunjukkan perlindungan konsisten melawan asma dan sesak napas.

Anak-anak dari ibu hamil yang makan lebih dari 4 apel setiap minggunya sebanyak 37% yang kurang memiliki riwayat sesak napas dan 53% kurang memiliki asma setelah dikonfirmasi dokter, dibandingkan dengan ibu yang makan satu atau tidak makan apel setiap minggu selama hamil. 

Menurut peneliti, makanan yang dimakan oleh ibu selama hamil memiliki pengaruh yang lebih besar pada saluran penapasan anak dibandingkan konsumsi makanan si anak minimal sampai anak berusia 5 tahun.

Adanya hubungan spesifik ditemukan pada apel, dan bukan dengan jumlah total buah yang dimakan atau jeruk, jus buah atau konsumsi sayuran. 

Efek spesifik apel mungkin disebabkan flavonoid unik yang telah menunjukkan memiliki efek menguntungkan pada fungsi paru-paru dewasa. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar