Sabtu, 18 Desember 2010

Manfaat Avokad


Manfaat Avokad antara lain:
1.    Lemaknya Lemak Baik
Meski tinggi lemak, ternyata lemak yang dikandung avokad adalah lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal yang sangat kaya antioksidan. Lemak ini bisa menaikkan kadar HDL kita dan menurunkan kadar LDL.

2.    Menurunkan Kolesterol
Pada tiap buah avokad terkandung 10 gram serat. Jumlah ini sudah sangat memenuhi setengah kebutuhan tubuh akan serat. Kadar serat yang tinggi tadi bisa kita manfaatkan untuk menyerap kolesterol sambil membuangnya bersama sisa-sisa bahan makanan lainnya.

3.    Kaya Kalium
Ketika membutuhkan kalium, pakar nutrisi pasti segera menyarankan kita menyantap pisang. Tak salah juga karena buah ini memang sangat kaya kalium. Tetapi kenyataannya, avokad juga sangat makmur kalium, sedikit lebih tinggi daripada pisang. Kalium baik untuk mengatasi jantung berdebar, kesehatan system saraf dan meredakan tekanan darah tinggi.

4.    Rendah Gula
Penderita diabet sangat dianjurkan menyantap buah ini karena rendah pati yang artinya tidak bisa menaikkan kadar gula (ingat pati berubah menjadi gula di dalam tubuh).

5.    Kaya Vitamin
Avokad bukan hanya kaya klorofil, buah ini juga mengandung cukup banyak vitamin E, B kompleks dan beta karoten.

6.    Rendah Kalori
Boleh saja avokad mengandung banyak lemak, tetapi kalori avokad sesungguhnya tidak tinggi. Seratus gram avokad hanya mengandung 85 kalori.

7.    Kaya Antioksidan
Seperti disebutkan di atas, avokad kaya antioksidan. Lihat saja kandungan vitaminnya. Paduan vitamin A, klorofil dan vitamin E-nya bersama-sama akan melindungi kerusakan sel. Jadi tak heran kalau avokad juga sering dianjurkan dikonsumsi oleh para dokter kulit untuk menjaga kekenyalan kulit atau kesehatan rambut.

8.    Mengandung Zat Besi
Meski tak banyak, avokad juga mengandung zat besi dan tembaga. Sehingga kalau dilihat-lihat avokad punya kandungan gizi yang cukup komplit.

9.    Mengandung Senyawa Fitokimia Glutation
Senyawa ini desebut-sebut mampu menerangi kanker jenis apa saja.
Sumber: Majalah Saji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar