Rabu, 15 Desember 2010

Diabetes Pada Anak


Menurut data yang diambil dari medicastore dari situs CDC di Amerika Serikat, setiap tahun lebih dari 13.000 anak muda didiagnosa menderita diabetes tipe 1. Sedangkan menurut netdoctor.co.uk, jumlah anak penderita diabetes mengalami peningkatan selama 30 tahun terakhir ini, di Inggris misalnya jumlah anak penderita diabetes 17/100.000 anak, di Skotlandia 25/100.000 anak, di Finlandia 43/100.000 anak, sedangkan di Jepang 3/100.000 anak.

Adanya epidemi obesitas dan rendahnya aktifitas fisik yang dilakukan anak serta paparan diabetes masih dalam kandungan, ditenggarai menjadi penyebab utama adanya peningkatan penderita diabetes tipe 2 selama masa kanak-kanak dan remaja.

Penyebab dan Gejala Diabetes Pada Anak
Sama seperti orang dewasa, penyebab terjadinya diabetes pada anak juga belum diketahui dengan jelas. Kemungkinan besar hal tersebut melibatkan kombinasi antara faktor genetik dengan faktor lingkungan. Sebagian besar anak penderita diabetes jenis 1 ternyata tidak mempunyai riwayat keluarga yang memderita diabetes, demikian yang medicastore ambil dari netdoctor.co.uk.

Gejala utama diabetes pada anak sama seperti gejala diabetes pada orang dewasa, yaitu:
1.    Mudah haus
2.    Turunnya berat badan
3.    Mudah lelah
4.    Sering buang air kecil

Selain gejala diatas, gejala lain yang mungkin terlihat pada anak-anak adalah:
1.    Sakir pada bagian perut
2.    Sakit kepala
3.    Adanya masalah tingkah laku

Terkadang dapat juga timbul diabetic acidosis sebelum terdiagnosa diabetes. Meskipun hal tersebut jarang terjadi, tetapi dapat menjadi perhatian untuk mewaspadai timbulnya diabetes pada anak.

Orang Tua dengan Anak Diabetes
Bagi para orang tua yang anaknya menderita diabetes, harus selalu memonitor kadar gula darah anak supaya dalam kadar yang normal, tidak tinggi maupun rendah. Kemudian para orang tua juga harus menyadari bahwa anak yang menderita diabetes memerlukan pengaturan makan yang tepat serta aktifitas fisik yang termonitor dengan baik.

Awalnya,  menangani anak yang menderita diabetes tidaklah mudah. Tetapi dengan memahami bagaimana diabetes dapat mempengaruhi anak, serta sabar dan mudah beradaptasi dapat menjadi kunci sukses untuk mengelola diabetes.

Berikut ini adalah beberapa catatan yang perlu diperhatikan oleh para orang tua yang anaknya menderita diabetes, yang diambil medicastore dari diabetes.co.uk:
1.    Bila perlu, terkadang orang tua harus memberikan suntikan insulin pada anaknya, bahkan bila belum diperlukan tetap saja sebaiknya orang tua mengetahui cara untuk memberikan suntikan insulin tersebut. Ada 2 tempat utama penyuntikan insulin, di bawah perut dan di paha. Konsultasikan dengan dokter anak mengenai tempat dan cara yang tepat untuk memberikan suntikan insulin tersebut.
2.    Kenali gejala rendahnya kadar gula dalam darah dan juga diabetic acidosis. Setelah itu pelajari juga apa yang jarus dilakukan apabila hal tersebut terjadi.
3.    Perhatikan kadar gula darah anak dan jika mereka sudah cukup besar, ajari juga cara untuk melakukan hal tersebut, demikian juga cara untuk memberikan suntikan insulin.
4.    Pastikan juga keluarga dan teman mengetahui bahwa anak mereka menderita diabetes dan mereka juga tahu apa yang harus dilakukan bila terlihat gejala rendahnya kadar gula dalam darah.
Sumber: www.medicastore.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar